Wisata Danau Kerinci

Wisata Danau Kerinci

Wisata Danau Kerinci

 

Pemandangan di sekitar danau ini begitu menawan. Mata Anda tak akan bosan melihat hamparan air yang jernih dilatarbelakangi barisan pegunungan yang anggun. Di tengah danau terlihat perahu-perahu nelayan sedang mengarungi permukaan airnya yang tenang. Danau Kerinci terletak di kaki Gunung Raja dan merupakan danau vulkanik seluas 4.200 hektar dengan kedalaman 110 meter, dengan ketinggian 783 meter DPL dan memiliki kelililing sepanjang 70 km. Secara administratif termasuk dalam Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau. Danau Kerinci merupakan danau kedua terbesar di Sumatera. Kabupaten Kerinci memiliki beragam kesenian daerah bernuansa Islami yang ditopang kelompok-kelompok seni tersebar di berbagai daerah perdesaan. Pertunjukan kesenian daerah umumnya dikaitkan dengan acara seremonial seperti pernikahan, menyambut kelahiran seorang bayi, peresmian rumah tempat tinggal, acara sunatan anak laki-laki, dan bentuk acara lainnya.

#Kuliner

Belum pas bila Anda berkunjung ke Danau Kerinci bila tidak mencicipi beras payo, gulai ikan semah, dendeng beteko, lemang dan jeruk pelompek, tojin, serta minum kopi kerinci dan teh kayu aro. Untuk jenis makanan ringan, Anda dapat menikmati dodol kentang, keripik kentang, ubi jalar, minuman energi yang bahan bakunya dari kulit manis, dan sirop terong belanda. Untuk masakan, berbagai ikan air tawar dan ikan danau yang dikenal gurih seperti ikan semahdapat dinikmati di restoran sekitar danau sambil menikmati panorama alam.

#Kegiatan

Kawasan danau merupakan tempat rekreasi yang menarik, seperti memancing, berenang, dan juga perkemahan. Berbagai aktivitas lain dapat dinikmati sambil menyantap makanan khas danau yang teredia direstoran-restoran sekitarnya. Danau ini terletak ditengah lembah kerinci yang berjarak 16 km dari Kota Sungai Penuh. Terdapat beberapa lokasi yang menarik di sekitar Danau Kerinci, yaitu Daerah Pesanggarahan dimana Anda bisa melihat pemandangan Danau Kerinci dari atas. Tanjung Hatta adalah tempat Bung Hatta menikmati panorama Danau Kerinci dan menanam pohon disana, Desa Seleman terdapat Rumah Laheik yang merupakan rumah khas kerinci, dan di Desa Pulau Tengah terdapat Dolmen Batu Raja dan Masjid Keramat Pulau Tengah dan di sekitar danau Kerinci terdapat sejumlah batu berukir yang diduga peninggalan manusia megalit.

#Transportasi

Anda dapat menggunakan jalur darat dengan angkutan umum, mobil pribadi atau sewaan dari kota Jambu ke Sungai Penuh sekitar 500 km selama 10 jam. Dapat juga dari kota Padang ke Tapan kemudian melanjutkan ke Sungai Penuh sekitar 278 km selama 7 jam. Alternatif lain dari Padang ke lokasi sekitar 211 km selama 5-6 jam.

Perjalanan menuju Danau Kerinci dapat dilalui tiga jalur alternatif. Yang paling utama adalah jalur Jambi menuju Sungaipenuh. Jalur kedua dari Padang menuju Tapan, dan yang terakhir dari padang menuju Muaralabuh.

#Akomodasi

Meski belum ada hotel berbintang di Kerinci namun Anda tidak perlu khawatir sebab di kota Sungai Penuh terdapat hotel kelas melati dengan pelayanan cukup baik berkisar Rp 100.000 untuk semalam.

 

PESAN / CARI TAKSI
di Surakarta (Solo) & Sekitarnya
Hubungi : KOSTI TAKSI SOLO
Phone : 0271-856300, 0815-6780-7777, 0813-9090-2900
WhatsApp : 0822-6417-9700
Pengaduan : 0271-857858
Info Tarif Kosti Tujuan Luar Kota / Daerah
Info Tarif Khusus penjemputan dari Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo-Surakarta

Jika ada pertanyaan tambahan atau anda butuh bantuan lebih lanjut, silahkan hubungi tim teknis kami.

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar